Diselenggarakan Oleh :
logo

Topik Simposium

Penguatan Kolaborasi dan Sinergi dalam Pengelolaan Hiu dan Pari

 

 

1. Biologi dan Ekologi Sumber Daya;

 

 

Tema ini bermaksud untuk mengeksplorasi temuan terkait hiu dan pari berdasarkan aspek terkait dengan biologi dan ekologinya. Untuk beberapa spesies terdapat beberapa perbedaan parameter biologi dan ekologi yang terlihat sama, tetapi bagi spesies tertentu sangatlah berbeda. Tema ini bermaksud untuk mencari keunikan dan mengeksplorasi spesies berdasarkan taksonominya yang menjelaskan tentang pembaharuan atau peninjauan ulang tentang pengelompokan hiu dan pari untuk tiap spesiesnya, habitat, distribusi dan populasi hiu dan pari di perairan Indonesia, bahkan dunia yang mengalami perubahan, genetika tiap spesies, juga metodologi baru yang dapat digunakan untuk meneliti dan menjelaskan aspek terbaru atau lebih maju terkait biologi dan ekologi hiu dan pari. Dalam tema ini juga mengakomodir temuan-temuan terkait aspek perikanan terhadap spesies-spesies yang prioritas.

Taksonomi, Distribusi, Populasi, Habitat, genetika, metodologi baru, dan penangkapan.

 

2. Sosial Ekonomi;

 

 

Tema sosial ekonomi ini bertujuan untuk mencari keterkaitan antara hiu dan pari dengan aspek sosial ekonomi, baik dari pemanfaatan secara ekstraktif maupun non-ekstraktif. Topiknya dapat meliputi valuasi ekonomi terkait nilai kualitatif terhadap hiu dan pari, ekowisata hiu dan pari, pengolahan dan pemanfaatan produk dari hiu dan pari, dan pengembangan produk oleh masyarakat di daerah yang memiliki potensi hiu dan pari.

Perdagangan, valuasi ekonomi, ekowisata, pengolahan, pemanfaatan, pengembangan produk.

 

3. Pengelolaan dan Konservasi.

 

 

Tema pengelolaan dan konservasi ini bermaksud untuk mengusung topik tata kelola dan konservasi spesies hiu dan pari yang berfokus pada; kelembagaan pengelolaan hiu dan pari, kearifan lokal pada daerah pengelolaan konservasi hiu dan pari, kebijakan dari daerah setempat tentang pengelolaan hiu dan pari, dan regulasi terkait peraturan dari pemerintah maupun daerah setempat tentang kawasan hiu dan pari, mitigasi mengenai upaya untuk mengurangi risiko tangkapan sampingan, pengawasan pemanfaatan, serta upaya konservasi atau pelestarian lingkungan dan pemanfaatan daerah pengelolaan hiu dan pari.

Kelembagaan, kearifan lokal, kebijakan, regulasi, mitigasi, pengawasan, konservasi.