Diselenggarakan Oleh :
logo

Artikel & Berita


img

29 Maret 2018

Simposium Nasional Hiu dan Pari di Indonesia Ke-2: Menuju Pengelolaan Hiu dan Pari Berkelanjutan

Eksploitasi hiu dan pari di Indonesia secara berlebih akan menyebabkan terjadinya penurunan populasi kedua spesies tersebut. Pemerintah dan masyarakat seyogyanya menyadari, perlu dibutuhkan waktu lama untuk memulihkan keberadaannya kembali. Terlebih, spesies yang ditangkap, telah masuk dalam daftar Apendiks II Convention on International Trade of Endangered species (Konvensi Perdagangan Spesies Terancam Punah).
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengenang sebuah kisah pada masa kecilnya. Ia mengatakan bahwa keberadaan pari manta dan whale shark merupakan sebuah tanda bahwa terdapat banyak ikan di lautan. Namun keberadaan pari manta dan whale shark, mulai langka ketika sebelumnya kapal-kapal asing diizinkan masuk ke perairan Indonesia. Selengkapnya.


img

21 Maret 2016

Prosiding Simposium Hiu dan Pari Indonesia ke-1

Simposium Hiu dan Pari Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan WWF-Indonesia pada bulan Juni 2015 lalu, telah diikuti oleh lebih dari 50 peneliti dari seluruh Indonesia. Para peneliti tersebut memberikan kontribusi dengan mempublikasikan hasil penelitian mereka mengenai hiu dan pari di Indonesia. Setelah melewati beberapa tahap tinjauan sejak hasil penelitiannya dipresentasikan, hasil rumusan simposium berupa dokumen prosiding telah diterbitkan oleh KKP dan WWF-Indonesia pada pertengahan bulan Maret 2016. Prosiding tersebut dapat diunduh di sini .