Diselenggarakan Oleh :
logo

Penyunting


TEMA I : BIOLOGI DAN EKOLOGI SUMBERDAYA


img

Fahmi, M.Phil (LIPI)

Pusat Penelitian Oseanografi (P2O)-LIPI


Fahmi, M.Phil adalah peneliti senior di Pusat Penelitian Oseanografi-LIPI yang fokus terhadap penelitian hiu dan pari di Indonesia sejak tahun 2000 dan menjadi penulis utama dari Buku Tinjauan Status Perikanan Hiu di Indonesia yang dipublikasikan pada tahun 2013. Bersama peneliti lain, Fahmi juga menjadi bagian dalam penyusunan beberapa panduan identifikasi hiu dan pari di Indonesia dan kawasan Asia Tengara yang sangat membantu enumerator di lapangan dalam mengidentifikasi hiu dan pari. Saat ini Fahmi menjabat sebagai regional vice chair pada IUCN Shark Specialist Group untuk wilayah Asia Tenggara yang berkontribusi dalam pengkajian status konservasi hiu-pari secara regional dan global..


img

Selvia Oktaviani, M.Si

Pusat Penelitian Oseanografi (P2O)-LIPI


Selvia Oktaviyani, M.Si adalah peneliti P2O LIPI yang fokus terhadap penelitian sumber daya ikan (termasuk hiu dan pari) sejak tahun 2014. Dari tahun 2017 hingga sekarang, Selvia bersama peneliti lain aktif berpartisipasi dalam kajian pemanfaatan hiu dan pari terancam punah dan Apendiks CITES di Indonesia. Selain itu, Selvia juga aktif menjadi reviewer pada beberapa jurnal terakreditasi nasional..


TEMA II : SOSIAL EKONOMI


img

Prof (Ris). Dr. Ir. Sonny Koeshendrajana, M.Sc.

Balai Besar Riset Sosek, BRSDM - KKP


Prof. (Ris) Dr. Ir. Sonny Koeshendrajana, M.Sc. adalah Peneliti Utama pada Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan. Sonny mengenyam pendidikan terakhir di Univ. of New England mengambil program studi Departement of Resource Economics. Sonny juga menjadi salah satu staf pengaar prodi Ekonomi Kelautan Tropika (EKT) di Institut Pertanian Bogor. Pada Himpunan Peneliti Indonesia (HIMPENINDO) periode 2018-2023 beliau menjabat sebagai salah satu anggota dewan pakar. Sonny telah menulis 106 artikel terkait ekonomi sumber daya perikanan. Artikel terbaru yang beliau tulis di tahun 2021 berjudul "Ecosystem approach applicability to sustain endemic fisheris in Lake Laut Tawar, Aceh". Pada tahun 2020 Sonny menjadi salah satu Reviewer Prosiding Semnas Sosek KP "Akselerasi Hasil Riset Sosial Ekonomi dalam Mendukung Kebijakan Sektor Kelautan dan Perikanan". Prof. Sonny pernah menjadi Dewan Penyunting (reviewer) pada Prosiding Simposium Hiu dan Pari Di Indonesia Ke-2 "Menuju Pengelolaan Hiu dan Pari secara Berkelanjutan Berbasis Ilmiah".


img

Dr. Umi Muawanah, S.T., M.T., PH.D.

Balai Besar Riset Sosek – BRSDM, KKP


Dr. Umi Muawanah, S.T., M.T., PH.D. adalah peneliti pada Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan. Umi mengenyam pendidikan terakhir di University of Connecticut (UConn) mengambil program studi Agricultural and Resource Economics. Selama studi pasca sarjana beliau juga menjadi asisten pengajar dan peneliti di bidang lingkungan dan sumber daya ekonomi di University of Rhode Islands (2008) dan University of Connecticut (2009-2012). Beliau mempunyai keahlian dibidang pemodelan ekonomi dan menguasai software MATLAB, SAS dan STATA. .


TEMA III : PENGELOLAAN DAN KONSERVASI


img

Prof. Dr.Ir. Ngurah N. Wiadnyana, DEA.

Pusat Riset Perikanan – BRSDM, KKP


Prof. Dr. Ir. Ngurah N. Wiadnyana, DEA. adalah peneliti ahli utama pada Pusat Riset Perikanan, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan. Prof. Ngurah mengenyam pendidikan terakhir di Université Pierre et Marie Curie mengambil program studi Biologi dan Bioteknologi Umum. Sebagai peneliti utama beliau memiliki biadang kepakaran Oseanografi biologi. Beliau juga menjadi perwakilan Indonesia untuk Threatened Species Working Group (TSWG) untuk Coral Triangle Initiative. Beliau menjadi salah satu Dewan Penyunting (reviewer) pada Prosiding Simposium Hiu dan Pari Di Indonesia Ke-2 "Menuju Pengelolaan Hiu dan Pari secara Berkelanjutan Berbasis Ilmiah" ..


img

Dr. Duto Nugroho

Pusriskan-KKP


Dr. Duto Nugroho (Pusriskan-KKP) adalah peneliti utama pada Pusat Riset Perikanan, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan. Dr. Duto menjadi salah satu peneliti utama dengan bidang kepakaran Perikanan Tangkap. Beliau mengenyam pendidikan terakhir di Universitas Indonesia (UI) mengambil program studi konservasi biologi. Beliau menjadi salah satu Dewan Penyunting (reviewer) pada Prosiding Simposium Hiu dan Pari Di Indonesia Ke-2 "Menuju Pengelolaan Hiu dan Pari secara Berkelanjutan Berbasis Ilmiah"..